Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Tingkatkan Kualitas Keprotokolan, Kwarcab Cianjur Sosialisasikan Pedoman Keprotokolan


PRAMUKACIANJUR.OR.ID -
Gerakan Pramuka Kwarcab Cianjur menggelar Sosialisasi Pedoman Keprotokolan Tahun 2024. Kegiatan yang berlangsung di Gedung Bale Kitri ini diikuti oleh perwakilan dari seluruh Kwartir Ranting se-Kwarcab Cianjur.

Ketua Panitia, Kak Ulum Alimudin, menyampaikan bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan anggota Pramuka dalam bidang keprotokolan. 

Adapun Pemateri yang akan menyampaikan kegiatan ini antara lain  dari Prokopim Setda Kab. Cianjur, Protokol Kwarda Jawa Barat, dan Master of Ceremony Cianjur.

" Kegiatan sosialisasi keprotokolan yang diselenggarakan oleh Kwartir Cabang (Kwarcab) Cianjur diharapkan  menjadi bekal bagi para pengurus Andalan Kwartir Ranting untuk memperdalam pemahaman terkait fungsi keprotokolan, terutama dalam kegiatan-kegiatan di tingkat kecamatan atau Kwartir Ranting. Kegiatan ini diikuti oleh peserta dari 32 Kwartir Ranting se-Kabupaten Cianjur. Jelas Kak Ulum


Wakil Ketua Bidang Humas, Informatika, dan Keprotokolan (HUMINPRO) Kwarcab Cianjur, Kak Nanang Rustandi, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memastikan setiap pengurus Andalan Kwartir Ranting dapat menjalankan prosedur keprotokolan dengan baik dan sesuai aturan resmi. 

"Kegiatan ini menjadi sarana pembelajaran yang penting bagi seluruh peserta untuk memahami aturan-aturan keprotokolan, khususnya dalam pelaksanaan upacara dan kegiatan resmi lainnya," ujar Ka Nanang.

Beliau juga menekankan bahwa para peserta diharapkan tidak hanya menjadi pelaksana yang baik, tetapi juga menjadi ujung tombak dalam penerapan sistem keprotokolan di masing-masing Kwartir Ranting. 

“Peserta dari 32 Kwartir Ranting harus menjadi garda terdepan dalam menjalankan dan menegakkan sistem keprotokolan di wilayahnya masing-masing,” tambahnya.

Diakhir sambutannya Kak Nanang Rustandi membuka kegiatan Sosialisasi Pedoman Keprotokolan secara resmi, dalam kesempatan tersebut hadir juga Sekretaris Kwartir cabang Cianjur Kak Ade Supriadi, Andalan Cabang Urusan Protokol Kwarcab Cianjur Kak Sugilar. 





Untuk diketahui sebagaimana tertuang dalam Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) Gerakan Pramuka, kwartir dalam penyelenggaraan organisasi dibantu oleh badan kelengkapan, satuan pendidikan, dan juga organisasi pendukung termasuk Protokol.

Protokol dibentuk sebagai wadah untuk  bertugas merencanakan, mengendalikan, mengkoordinasikan, membina serta mengevaluasi urusan keprotokolan kwartir.

Secara khusus, Satuan Protokol ini dibentuk dalam upaya mendukung pengaturan acara dan upacara resmi kwartir  yang meliputi tata tempat, tata upacara, dan tata penghormatan.

Selain itu, kewenangan dari Satuan Protokol adalah dapat membentuk bagian-bagian yang diperlukan sesuai kebutuhan, serta tentunya dalam melaksanakan tugas bertanggung jawab langsung kepada ketua kwartir [PKC]**

Post a Comment

0 Comments

Sistem Pengarsipan Digital
color