Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Sosialisasi Pedoman Keprotokolan, Kak Emir Fuad : Ini Tata Cara Penyelenggaraan Kegiatan Kepramukaan Bagi Protokol


PRAMUKACIANJUR.OR.ID -
Sesi kedua dalam kegiatan  Sosialisasi Pedoman Keprotokolan Kwarcab Cianjur Tahun 2024, disampaikan oleh Kak Emir Fuad, S.I.P selaku Kepala Satuan Giat Protokol Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Jawa Barat tentang Tugas Pokok dan Fungsi Protokol Gerakan Pramuka.

Menurut Kak Emir Fuad, Protokol dalam konteks Gerakan Pramuka merujuk pada aturan, tata cara, dan pedoman yang digunakan untuk mengatur pelaksanaan kegiatan dalam organisasi pramuka.

Kak Emir juga menjelaskan tentang Fungsi Protokol dalam Gerakan Pramuka  diantaranya adalah  mengatur kegiatan, menjaga disiplin, membangun etika, meningkatkan komunikasi, menciptakan suasana kondusif, dan memastikan pimpinan terfasilitasi dengan baik dalam setiap kegiatan.

"Protokol membantu dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan dengan tertib, sehingga semua peserta mengetahui apa yang harus dilakukan" Ucap Kak Emir 

Protokol sangat penting dalam Gerakan Pramuka  selain untuk menjaga ketertiban dan disiplin, juga meningkatkan efisiensi kegiatan dapat terpandu dengan tata cara yang ditetapkan, juga memfasiliasi komunikasi yang baik antar anggota sehingga dapat saling menghormati satu sama lain.

Selain itu menurut Kak Emir pentingnya protokol dalam Gerakan Pramuka karena dapat membangun kebersamaan, menciptakan suasana yang kondusif, mengajarkan nilai-nilai etika dan moral serta memfasilitasi kegiatan Sosial.

"Dengan demikian protokol tidak hanya berfungsi sebagai aturan, tetapi juga sebagai pedoman yang membentuk perilaku dan karakter anggota Pramuka" Jelas kak Emir Fuad.

Kak Emir Fuad juga memberikan  tara cara penyelenggaraan kegiatan kepramukaan, yang pertama pahami jenis kegiatan, kedua persiapkan kelengkapan dan perlengkapan kegiatan,  Ketga lakukan gladi dan crosscheck kegiatan, keempat manajemen waktu, kelima komunikasi dan public speaking, dan pahami kebiasaan pemimpin.

" Dalam Manajemen waktu  sebuah kegiatan bisa dikatakan penting, karena waktu pimpinan amat terbatas sehingga seorang protokol harus bisa memanage waktu dengan baik. Salah satu cara yang bisa protokol lakukan untuk memanage waktu adalah dengan membuat rundown kegiatan tersebut, sehingga kita dapat memperkirakan durasi dari sebuah kegiatan dari awal sampai akhir kegiatan selesai. Usahakan Ketika membuat rundown acara, durasi yang dipakai se-real mungkin." Ucap Kak Emir.

Andalan Cabang Urusan Protokol Kwarcab Cianjur Kak Sugilar di sesi akhir kedua memberikan penghargaan dan apresiasi  kepada  Kak Emir Fuad sebagai Nara Sumber dari Satgiat Protokol Kwartir daerah Jawa Barat untuk kegiatan Sosialisasi Pedoman Keprotokolan Kwarcab Cianjur tahun 2024.

Seperti diberitakan sebelumnya  kegiatan sosialisasi keprotokolan yang diselenggarakan oleh Kwartir Cabang (Kwarcab) Cianjur diharapkan  menjadi bekal bagi para pengurus Andalan Kwartir Ranting untuk memperdalam pemahaman terkait fungsi keprotokolan, terutama dalam kegiatan-kegiatan di tingkat kecamatan atau Kwartir Ranting. 

Kegiatan Sosialiasi dibuka langsung oleh Wakil Ketua Bidang Humas, Informatika, dan Keprotokolan (HUMINPRO) Kwarcab Cianjur, Kak Nanang Rustandi, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memastikan setiap pengurus Andalan Kwartir Ranting dapat menjalankan prosedur keprotokolan dengan baik dan sesuai aturan resmi. 

Dalam kegiatan tersebut hadir juga Sekretaris Kwartir cabang Cianjur Kak Ade Supriadi, Andalan Cabang Urusan Protokol Kwarcab Cianjur Kak Sugilar [PKC]***

Post a Comment

0 Comments

Sistem Pengarsipan Digital
color