Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Kwarcab Cianjur Hadiri Rapat Koordinasi Assessor Gugus Depan dan Pembagian Sertifikat Akreditasi


PRAMUKACIANJUR.OR.ID
- Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Barat  menyelenggarakan Rapat Koordinasi Assesor Gugus Depan se-Jawa Barat sekaligus pembagian Sertifikat Asesor Akreditasi Gugus Depan. Acara bertempat di Sekretariat Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Barat yang berlokasi di Jl. Cikutra No. 276 A, Bandung.

Kegiatan dilaksanakan dalam upaya peningkatan kualitas akreditasi Gugus Depan (Gudep) di seluruh wilayah Jawa Barat, dengan tujuan memperkuat sistem pembinaan dan standarisasi pendidikan kepramukaan di tingkat Gugus Depan. Akreditasi ini akan memberikan panduan serta ukuran yang jelas mengenai kualitas dan kelayakan Gugus Depan dalam menjalankan program-program kepramukaan di berbagai tingkatan.

Dalam rapat tersebut,  Rapat  dipimpin oleh Kak Drs. H.M. Syachrul Koswara, M.M., selaku Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Perencanaan Program, serta Kak Ahmad Bajuri, S.E., M.M., yang menjabat sebagai Ketua Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Kwarda Jawa Barat. 

Selain membahas koordinasi terkait tugas assessor, dilaksanakan juga pembagian Sertifikat Asesor Akreditasi Gugus Depan kepada sejumlah anggota yang telah memenuhi kriteria sebagai assessor. Pada kesempatan tersebut, Assessor yang telah mengikuti serangkaian pelatihan dan uji kompetensi akan menerima sertifikat dan nomor PIN Asesor dari Kwartir nasional Gerakan Pramuka  sebagai tanda pengakuan resmi atas kapasitas mereka. 

Untuk di kwartir cabang Cianjur  yang telah memenuhi kualifikasi tersebut adalahh Kak Ade Supriadi , Kak Diana Kamila Dewi, M.Pd., Kak Emuh Muhidin, S.Pd., M.M., dan Kak Rissa Septianawati Hidayat, M.Pd.



Kak Drs. H.M. Syachrul Koswara dalam sambutannya   menyampaikan pentingnya peran assessor dalam menjaga keberlanjutan program-program pendidikan kepramukaan. "Akreditasi Gugus Depan bukan hanya sekadar penilaian administratif, tetapi juga sebuah evaluasi menyeluruh yang mencerminkan kualitas pembinaan yang ada. 

Setiap assessor harus menjalankan tugasnya dengan integritas dan profesionalisme tinggi agar akreditasi yang diberikan benar-benar merepresentasikan kemampuan Gugus Depan dalam mencetak kader Pramuka yang berkualitas," ujar Kak Syachrul.

Selain itu, Kak Ahmad Bajuri, S.E., M.M., menyampaikan beberapa panduan dan pedoman teknis dalam melaksanakan tugas sebagai assessor  serta  memberikan arahan terkait standar-standar yang harus dicapai oleh Gugus Depan dalam akreditasi, serta bagaimana assessor harus menjalankan peran mereka secara efektif dan objektif.

" Keberhasilan pelaksanaan akreditasi ini tidak hanya akan berdampak pada Gugus Depan, tetapi juga pada anggota Pramuka yang akan merasakan manfaat dari program-program pendidikan yang lebih terarah dan terukur." ucap Kak Ahmad Bajuri. 

Kak Ahmad berharap kegiatan ini akan memberikan dampak positif bagi perkembangan Gerakan Pramuka di wilayah Jawa Barat, serta memacu Gugus Depan untuk terus meningkatkan mutu dan layanan pendidikan kepramukaan yang diberikan kepada para peserta didik. [PKC]**

Post a Comment

0 Comments

Sistem Pengarsipan Digital
color