Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Kwarcab Cianjur Hadiri Pembukaan Raimuna Daerah XIV Jawa Barat Tahun 2024 di Sumedang


PRAMUKACIANUR.OR.ID - Kwartir Cabang (Kwarcab) Cianjur  menghadiri pembukaan Raimuna Daerah XIV Jawa Barat 2024, yang diselenggarakan di Bumi Perkemahan Letjen TNI (Purn) Dr. (HC) H. Mashudi, Kiara Payung, Kabupaten Sumedang, pada Senin, (16/09). Raimuna Daerah adalah ajang bergengsi yang diadakan untuk Pramuka Penegak dan Pandega dari berbagai daerah di Jawa Barat, dan tahun ini berhasil menarik ribuan peserta dari seluruh penjuru provinsi.

Ketua Panitia Pelaksana Raimuna Daerah XIV Jawa Barat, Kak Kiki Saepul Anam, melaporkan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 5.845 partisipan. Jumlah tersebut terdiri dari 5.233 peserta, 269 pembina pendamping, 329 staf pimpinan kontingen (Pinkoncab), 15 tenaga medis, dan didukung oleh 355 orang panitia. 

Kegiatan Raimuna Daerah kali ini mengusung tema "Mewujudkan Pramuka Penegak dan Pandega yang Berdaya Saing, Berdampak, dan Menyongsong Indonesia Emas 2045," yang mencerminkan visi besar pramuka dalam mencetak generasi muda yang siap menghadapi tantangan masa depan.

Raimuna Daerah XIV yang digelar selama enam hari, dari tanggal 16 hingga 21 September 2024, menitikberatkan pada kegiatan yang mendorong potensi generasi muda di Jawa Barat. Kegiatan ini dibagi menjadi empat kategori utama, yaitu Ordinary Activity, Extraordinary Activity, Multicultural Learning Center (MLC), dan Youth Empowerment Center (YEC). Melalui kelompok kegiatan ini, peserta diharapkan mendapatkan pengalaman yang beragam, mulai dari peningkatan pengetahuan, wawasan, hingga keterampilan teknis yang dapat mereka aplikasikan di kehidupan sehari-hari.

Dalam pidato pembukaannya, Kak Kiki Saepul Anam menekankan bahwa Raimuna kali ini memberikan porsi yang signifikan bagi kegiatan-kegiatan yang menonjolkan potensi Jawa Barat. Hal ini bertujuan agar peserta Raimuna tidak hanya mendapatkan keterampilan baru, tetapi juga lebih mengenal budaya dan keunikan daerah asal mereka. Diharapkan, setelah Raimuna ini, para peserta akan memiliki rasa percaya diri yang lebih tinggi untuk terlibat dalam pembangunan masyarakat dan bangsa.

Bertindak sebagai inspektur upacara pembukaan adalah Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Jawa Barat, Dr. Drs. H. Raden Iip Hidajat, M.Pd., yang hadir mewakili Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat. Dalam pidatonya, Kak Iip menyampaikan pesan yang sangat menginspirasi kepada seluruh peserta Raimuna. 

"Tema 'Berdampak Serentak' yang kita usung bukan sekadar slogan, tapi merupakan panggilan bagi kita semua untuk bergerak bersama-sama. Pramuka harus menjadi agen perubahan yang mampu menggerakkan dampak positif di seluruh bidang, mulai dari pendidikan, sosial, hingga lingkungan," ujar Kak Iip.

Kak Iip juga mengajak seluruh peserta untuk menanamkan nilai-nilai kepemimpinan, kemandirian, dan solidaritas dalam setiap kegiatan yang diikuti selama Raimuna. Ia menekankan pentingnya sinergi di antara anggota Pramuka sebagai bekal penting untuk berperan aktif dalam membangun masyarakat di masa depan.

Sementara itu Kasdam III/Siliwangi, Brigjen TNI Aminudin, S.I.P., juga turut memberikan pengarahan dalam pembukaan Raimuna Daerah XIV. Dalam pesannya, ia menekankan bahwa kegiatan Raimuna menjadi sarana penting bagi generasi muda untuk mengembangkan diri, menambah pengetahuan, dan memperkuat nilai-nilai kebangsaan. 

"Founding father seperti Bung Karno dan Jenderal Soedirman adalah contoh nyata bahwa saat usia muda, mereka sudah memiliki cita-cita kuat untuk membangun bangsa. Pramuka harus meneladani semangat tersebut," tegas Brigjen Aminudin.

Lebih lanjut, ia juga mengingatkan tentang pentingnya memahami sejarah bangsa dan menjaga kewaspadaan terhadap ancaman ideologi yang dapat merusak persatuan. 

"Generasi muda harus berperan aktif dalam menjaga kemandirian bangsa, terutama dalam menyongsong Indonesia Emas 2045," tambahnya

Kwarcab Cianjur sendiri mengirimkan 152 peserta untuk berpartisipasi dalam Raimuna Daerah XIV ini. Peserta yang dikirim terdiri dari pimpinan kontingen, pembina pendamping, staf anjungan, dokter kontingen, serta peserta pramuka penegak dan pandega dari berbagai gugus depan di Cianjur. 

Kak Dedah Hasanah dan Tim , yang mewakili Kwarcab Cianjur dalam pembukaan Raimuna Daerah, menyampaikan rasa bangganya bisa hadir dalam acara ini. 


"Kami sangat bangga dapat berpartisipasi dalam Raimuna Daerah XIV ini. Kegiatan ini bukan hanya tempat bagi adik-adik Pramuka untuk belajar, tetapi juga untuk berkolaborasi dan memperkuat jaringan dengan teman-teman dari kabupaten lain," ujar Kak Dedah.

Setelah upacara pembukaan, acara dilanjutkan dengan berbagai atraksi seni dan kreativitas yang menambah semarak suasana. Penampilan rampak gendang berhasil memukau para peserta, diikuti dengan aksi spektakuler dari Saka Bhayangkara Polda Jabar dan Sako Kuda Daarut Tauhiid Bandung. [PKC]**





Post a Comment

0 Comments

Sistem Pengarsipan Digital
color