Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Kontingen Pramuka Cianjur Siap Tunjukkan Semangat Berkegiatan dan Keramahtamahan di Raimuna Daerah Jawa Barat XIV


PRAMUKACIANJUR.OR.ID
- Raimuna Daerah Jawa Barat XIV Tahun 2024 menjadi momen yang sangat dinanti oleh Pramuka Penegak dan Pandega dari seluruh wilayah Jawa Barat. Kegiatan yang akan berlangsung selama enam hari, mulai dari 16 hingga 21 September 2024, ini diadakan di Bumi Perkemahan Letjen (Purn) DR. (HC) Mashudi, Kiarapayung, Sumedang. 

Kontingen Cianjur dipimpin oleh Iis Isna Nadipah, yang bertindak sebagai Pimpinan Kontingen Cabang. Dalam laporannya, Iis menegaskan pentingnya kegiatan Raimuna Daerah sebagai sarana pengembangan keterampilan kepemimpinan, kerja sama, dan penguatan solidaritas antar Pramuka Penegak dan Pandega. 

Kegiatan ini mengusung tema "Mewujudkan Pramuka Penegak dan Pandega yang Berdaya Saing, Berdampak Menyongsong Indonesia Emas 2045." Tema tersebut menggarisbawahi visi jangka panjang Gerakan Pramuka untuk membentuk generasi muda yang siap bersaing di kancah global dan memberikan dampak positif di masyarakat, sejalan dengan upaya menuju Indonesia Emas pada tahun 2045.

Kontingen dari Kwarcab Cianjur yang terdiri dari 152 peserta, termasuk di dalamnya pimpinan kontingen, pembina pendamping, staf anjungan, dokter kontingen, serta para peserta utama, dipersiapkan secara matang untuk menghadapi berbagai kegiatan di Raimuna. 

Iis menekankan bahwa para peserta telah dilatih dan dibekali dengan berbagai keterampilan, baik dalam hal teknis kepramukaan, maupun soft skills seperti kerja sama tim, kepemimpinan, dan komunikasi. Kontingen Cianjur juga didampingi oleh para pembina yang berpengalaman untuk memastikan seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan dengan baik.

Iis Isna Nadipah juga mengingatkan pentingnya menjaga sikap dan perilaku yang mencerminkan keramahan serta kebaikan masyarakat Cianjur selama Raimuna berlangsung. 

"Kami berharap peserta dari Cianjur dapat menjadi duta yang baik, yang tidak hanya unggul dalam kegiatan, tetapi juga mampu menunjukkan sikap santun dan ramah, sesuai yang disampaikan oleh Kak Dedah dalam pelepasan tadi" tambah Iis. 

Selain mempersiapkan aspek teknis dan karakter, kontingen Cianjur juga diingatkan untuk menjaga kesehatan selama mengikuti Raimuna. 

"Kegiatan Raimuna akan penuh dengan aktivitas fisik dan kegiatan-kegiatan outdoor lainnya. Oleh karena itu, menjaga kesehatan dan stamina sangat penting agar para peserta dapat berpartisipasi secara optimal dalam seluruh rangkaian kegiatan," jelas Iis. 

Pimpinan kontingen juga telah menyiapkan tim medis yang siap siaga selama acara berlangsung untuk memastikan seluruh peserta dalam kondisi prima.

Kak Apipudin, selaku Ketua Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pandega Kwarcab Cianjur, menambahkan bahwa Raimuna Daerah ini merupakan momen penting bagi Pramuka Penegak dan Pandega untuk mengasah keterampilan kepemimpinan. 

"Raimuna adalah ajang untuk belajar bekerja sama, memimpin, dan bertanggung jawab. Kami berharap peserta dari Cianjur dapat membawa pulang banyak pengalaman berharga," ungkapnya.

Kak Apipudin juga menyampaikan optimismenya terhadap kemampuan peserta dari Kwarcab Cianjur. "Dengan bekal latihan dan persiapan yang matang, kami yakin peserta Cianjur akan hadir mengikuti kegiatan dengan maksimal. Ini adalah kesempatan mereka untuk menunjukkan kemampuan dan sekaligus belajar dari peserta lain di seluruh Jawa Barat." Ucap Kak Apipudin [PKC]**

Post a Comment

0 Comments

Sistem Pengarsipan Digital
color