Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Kwartir Cabang Cianjur Hadiri Upacara Hari Pramuka ke-63 Tingkat Jawa Barat


PRAMUKACIANJUR.OR.ID
– Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Cianjur  mengikuti Upacara Hari Pramuka ke-63 Tingkat Jawa Barat yang diselenggarakan di Taman Lokasana, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Sabtu (31/8/2024). Kegiatan Partisipasi ini dipimpin langsung oleh Ketua Harian Kwarcab Cianjur yang membawa timnya untuk turut berpartisipasi dalam peringatan Hari Pramuka Ke 63 Tingkat Propinsi Jawa Barat.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Perencanaan Program Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Barat, Kak Drs. H. Muhammad Syahrul Koswara, M.M., mewakili Ketua Kwarda Jawa Barat  Kak Atalia Praratya Ridwan Kamil, S.IP., M.Kom menyampaikan harapan agar momen ini dapat menjadi pemacu semangat bagi seluruh anggota Gerakan Pramuka di Jawa Barat untuk terus maju dan berkembang. Dalam sambutannya, ia menegaskan pentingnya menjaga semangat kekinian dalam pengembangan Gerakan Pramuka di seluruh Jawa Barat.

"Gerakan Pramuka harus selalu menjadi wadah yang membentuk generasi muda beriman, bertakwa, berakhlak mulia, dan memiliki jiwa patriotik. Sebagaimana yang tercantum dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, kita semua memiliki tanggung jawab untuk mempersiapkan kader bangsa yang mampu menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," ujarnya.

Momentum peringatan ini juga menjadi kesempatan bagi Kwarda Jawa Barat untuk melaporkan berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan, mulai dari bakti sosial hingga program-program peningkatan kualitas kepramukaan. "Kami bangga dapat melaporkan bahwa Gerakan Pramuka Jawa Barat terus meningkatkan kualitas melalui berbagai metode dan terobosan, termasuk kolaborasi dengan berbagai pihak," tambah Kak Syahrul Koswara.

Upacara Hari Pramuka ke-63 ini juga dihadiri oleh pejabat Gubernur Jawa Barat yang diwakili oleh Kak H. Engkus Sutisna, S.T., M.T. Staf Ahli Gubernur Bidang Hukum dan Politik Provinsi Jawa Barat, yang juga selaku Kak Mabicab Ciamis. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan apresiasi kepada seluruh anggota Pramuka yang terus menunjukkan eksistensi mereka dalam mempersiapkan generasi muda yang berjiwa Pancasila dan menjaga keutuhan NKRI.

"Kita dihadapkan pada tantangan zaman yang penuh ketidakpastian. Gerakan Pramuka sangat tepat menjadi solusi dalam membentuk generasi muda yang memiliki kecerdasan spiritual, emosional, sosial, intelektual, dan fisik," tegasnya.

Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Kak Budi Waseso, juga menegaskan bahwa tema tahun ini, "Pramuka Berjiwa Pancasila, Menjaga NKRI," bermakna bahwa seluruh anggota Pramuka adalah insan Pancasila yang siap mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila, Trisatya, dan Dasa Dharma Pramuka.

Sebagai penutup, Kak Budi Waseso menekankan pentingnya terus menjaga semangat persatuan dan gotong royong di tengah ancaman modernisasi yang sering kali menggerus nilai-nilai budaya bangsa. "Pramuka adalah pilar kekuatan bangsa. Kita harus terus membangun generasi unggul yang siap menghadapi tantangan menuju Indonesia Emas pada tahun 2045," tutupnya.


Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Cianjur mengikuti kegiatan Upacara Hari Pramuka Ke 63 Tingkat Jawa Barat yang dihadiri oleh jajaran pengurus dan anggota Kwarcab Cianjur. Dalam kegiatan ini, hadir Ketua Harian Kwarcab Cianjur, Kak Nana Suryana, SH, MT, didampingi Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Kerjasama (Renorgakum), Kak Sutarko, S.Pd., MM.Pd.  Wakil Ketua Binamuda Kak Dedah Hasanah S.Pd MM-LST serta Sekretaris Kwarcab Cianjur, Kak Ade Supriadi.

Kegiatan ini juga diikuti oleh beberapa andalan cabang, seperti Kak Muhammad Soleh, M.Pd., yang menjabat sebagai Ancu Organisasi, dan Kak Moch. Chaerul Risal, S.Pd., sebagai Ancu Kerjasama. Turut hadir pula Kak Sugilar, S.Pd., Ancu Keprotokolan, dan Kak Eneng Komariah, S.Pd., selaku Andalan Cabang Pelatih, Kak Yuyun Sugilar S.Pd-LT selaku Pelatih kwarcab Cianjur, dan  Kak Sutrisno, S.Pd-LG Ancuwil 8.

Dari Kwarran Haurwangi, Ketua Kwarran, Kak Jajang Azis Sudiana, S.Pd., MM, turut hadir bersama tim lainnya. Selain itu, beberapa anggota Dewan Kerja Cabang Cianjur, seperti Kak Apipudin, Kak Asep Purnama, Kak Rizki Rahmatullah, Kak Muhammad Iqbal M, dan Kak Siti Nurazizah Jamil, juga ikut serta dalam kegiatan ini.

Perwakilan dari Staf /Seksi-seksi Kwarcab seperti Kak Asep Sudrajat, A.Md., yang menjabat sebagai Kasie Adminum & Keusettu, Kak Septian sebagai Kasie Binamuda, dan Kak Dedi Rosadi sebagai Kasie Abdimas Mensprit & Huminpro, turut mendukung suksesnya acara. 

Kehadiran tim Satgiat Protokol Kwarcab Cianjur, yang terdiri dari Kak Moch. Daffa Dwi Aprian, Kak Muayad Farhan, Kak Azmi Ainul Haq, Kak Arifa Azzahra, Kak Siti Dini Nurazizah, dan Kak Nazwa Adelia, juga memperkuat peran Kwarcab Cianjur dalam kegiatan ini. Selain itu, hadir pula perwakilan dari Penegak SMKN 1 Bojongpicung, yaitu Kak Arya Surya Ramadhan, Kak Ripaldiyan Padilah, Kak Deswita Ariyani, Kak Halimah Nur Silva, Kak Mutiara Mzahra, dan Kak Tiara Amelia Putri.

Tidak ketinggalan, Dewan Kerja Ranting yang diwakili oleh Kak Wulan Kamila Nurfadillah, ikut ambil bagian dalam acara ini.  [PKC]**

Post a Comment

0 Comments

Sistem Pengarsipan Digital
color