Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Adea Tira Setia Putri, Penerima Lencana Karya Bakti dari Wakil Presiden Indonesia


PRAMUKACIANJUR.OR.ID
~ Adea Tira Setia Putri, yang akrab disapa Dea, adalah seorang pelajar berbakat asal Cianjur yang lahir pada 20 Juni 2005. Dea merupakan putri dari pasangan Bapak Rajiman dan Ibu Teti Sumiati, yang berasal dari Kampung Warung Seuseupan, Cianjur. Saat ini, Dea adalah alumni SMKN 1 Cianjur, Dea saat ini aktif sebagai anggota Dewan Kerja Ranting (DKR) Cianjur.

Baru-baru ini, Dea mendapatkan kehormatan yang luar biasa ketika ia menerima Penghargaan Lencana Karya Bakti dari Kwartir Nasional yang disematkan langsung oleh Wakil Presiden Indonesia Pada Upacara Hari Pramuka Tingkat Nasional di Cibubur kemarin.

 "Rasanya senang banget, nggak nyangka bisa berhadapan langsung dan diberi penghargaan oleh Beliau," ucap Dea dengan penuh kegembiraan. Penghargaan ini merupakan pengakuan atas dedikasi dan kontribusi Dea dalam kegiatan Pramuka.

Dea tidak lupa menyampaikan rasa terima kasihnya kepada berbagai pihak yang telah mendukungnya. "Aku banyak ngucapin terima kasih buat Kak Nono dan Kak Haris yang dari awal mengusahakan agar aku bisa berangkat ke Cibubur. Terima kasih juga buat Kak Irma, senang banget bisa seharian berkomunikasi dengan beliau, mendengarkan pengalaman-pengalaman yang sangat menginspirasi, serta diajak keliling Buperta dan Pusdiklatnas, pengalaman yang wow banget!" ujarnya dengan antusias.

Selain itu, Dea juga menyampaikan terima kasih kepada Kak Ade Aboh (Ade Supriadi) dan pihak Kwarcab Cianjur yang berperan penting dalam keberangkatannya ke Cibubur. "Gak lupa juga buat Kak Enok dan rekan-rekan DKR Cianjur yang mendukung keberangkatanku ke Cibubur," tambah Dea.

Pengalaman di Cibubur memberikan banyak kesan mendalam bagi Dea. Ia merasa sangat beruntung bisa bertemu dan berfoto bersama orang-orang hebat, serta mendapatkan banyak teman baru. "Alhamdulillah, di sana aku bisa bertemu dan berfoto bersama orang-orang hebat, dapat teman baru juga, pokoknya pengalaman yang sangat luar biasa," kata Dea penuh rasa syukur.

Dalam pesannya, Dea mengingatkan bahwa setiap usaha yang dilakukan dengan sungguh-sungguh akan membuahkan hasil yang memuaskan. "Jangan merasa tertinggal dan merasa tidak seberuntung orang-orang hebat di luar sana. Setiap orang pasti memiliki kesempatannya masing-masing. Terus belajar dan mengambil kesempatan untuk menciptakan pengalaman baru dari hal yang kamu cinta, seperti aku di Pramuka," tutup Dea dengan penuh inspirasi.

Kak Kristiono Tripadi, salah satu Pengurus Kwartir Ranting Cianjur  yang mengenal baik Adea, menyatakan kekagumannya atas dedikasi Adea, menurutnya Adea Tira Setia Putri, anggota Dewan Kerja Ranting (DKR) Cianjur, tidak hanya dikenal karena prestasinya di bidang Pramuka, tetapi juga karena ketangguhan dan dedikasinya dalam membantu masyarakat saat bencana. 

Pada saat gempa bumi terjadi di Cianjur pada November 2022, Adea mengalami dampak langsung dari bencana tersebut. Rumahnya di Kampung Warung Seuseupan mengalami kerusakan yang cukup parah, memaksa keluarganya untuk mengungsi.

Namun, meskipun berada dalam situasi sulit, Adea menunjukkan jiwa kepemimpinan dan kepeduliannya. Setelah memastikan keluarganya aman dengan mengungsikan mereka ke RM Nana Cugenang, Cianjur, ia segera kembali untuk bergabung dengan rekan-rekannya di DKR Cianjur. Bersama mereka, Adea membaktikan diri membantu Kwarran melalui Posko Kwarran Cianjur. Di sana, ia bekerja tanpa kenal lelah dalam mendistribusikan bantuan ke berbagai daerah yang terdampak bencana.

"Adea adalah anggota DKR Cianjur yang sangat berdedikasi. Meski rumahnya sendiri terdampak gempa, dia tidak ragu untuk kembali ke lapangan dan membantu posko. Tindakannya ini menunjukkan keberanian dan semangat gotong royong yang luar biasa." Ujar Kak Eno panggilan akrab Kak Kristiono Tripiadi.

Adea merupakan contoh nyata dari seorang Pramuka yang menerapkan nilai-nilai kepramukaan dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam situasi krisis. Keberaniannya untuk tetap berada di garis depan, meski dalam kondisi pribadi yang sulit, menunjukkan komitmennya untuk membantu sesama. Keberadaan Adea di Posko Kwarran Cianjur selama masa tanggap darurat gempa bumi Cianjur menjadi inspirasi bagi banyak orang, menunjukkan bahwa tindakan kecil yang dilakukan dengan hati yang besar dapat membawa perubahan besar bagi mereka yang membutuhkan.

Lencana Karya Bakti adalah salah satu tanda penghargaan dalam Gerakan Pramuka yang diberikan kepada anggota Pramuka atau individu yang telah memberikan sumbangsih besar dalam kegiatan bakti dan pengabdian masyarakat. Penghargaan ini bertujuan untuk mengakui dedikasi dan kontribusi luar biasa dalam mendukung kegiatan sosial, kemanusiaan, dan pengabdian kepada masyarakat.

Penerima Lencana Karya Bakti biasanya telah melakukan tindakan nyata yang berdampak positif bagi masyarakat, seperti kegiatan kemanusiaan, bakti sosial, atau upaya lain yang membantu meningkatkan kesejahteraan komunitas. Penghargaan ini juga mencerminkan nilai-nilai kepedulian, gotong royong, dan kerja keras yang menjadi inti dari semangat Pramuka.[PKC- Andin]**

Post a Comment

0 Comments

Sistem Pengarsipan Digital
color