Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

152.272 Anggota Pramuka Cianjur Terlibat dalam Gerakan Kebersihan Pelepah Kitri Tahun 2024


PRAMUKACIANJUR.OR.ID - Sebanyak 152.272 anggota Gerakan Pramuka dari Kwartir Cabang (Kwarcab) Cianjur terlibat penuh dalam Gerakan Kebersihan Pelepah Kitri Tahun 2024. Kegiatan ini menjadi salah satu gerakan masif yang melibatkan seluruh elemen Pramuka di Kabupaten Cianjur, dengan jumlah peserta yang terlibat dari berbagai golongan dan tingkatan.

Sekretaris Kwarcab Cianjur, Kak Ade Supriadi, menjelaskan bahwa angka tersebut merupakan hasil validasi dari partisipasi seluruh anggota Gerakan Pramuka di Cianjur. "Sebanyak 731 pangkalan atau gugus depan dari 22 Kwartir Ranting turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Jumlah ini mencakup anggota Pramuka dari berbagai golongan, yakni Siaga sebanyak 60.166 anggota, Penggalang 67.159 anggota, Penegak 16.578 anggota, Pandega 362 anggota, serta anggota dewasa sebanyak 8.057 orang," ujar Kak Ade.

Gerakan Kebersihan Pelepah Kitri tahun ini tidak hanya berlangsung secara fisik di lapangan, tetapi juga diramaikan dengan partisipasi aktif melalui media sosial. Pangkalan dan gugus depan di seluruh Cianjur turut mengirimkan foto dan video kegiatan mereka melalui platform seperti Instagram, Facebook, TikTok, Zoom dan YouTube. Hal ini diharapkan dapat memberikan inspirasi kepada masyarakat luas untuk turut menjaga kebersihan lingkungan.

Salah satu Video Pelaksanaan Gerakan Kebersihan Pelepah Kitri 
di Pangkalan SMPN 1 Warungkondang 


Dalam sambutannya pagi tadi pada Pembukaan Gerakan Kebersihan Pelepah Kitri Kak Budhi Rahayu Toyib menyampaikan bahwa Gerakan Kebersihan Pelepah Kitri diikuti oleh seluruh anggota Pramuka se-Kwartir Cabang Cianjur, yang tersebar di berbagai Gugus Depan. 

"Dalam kegiatan ini, para anggota Pramuka tidak hanya melaksanakan aksi bersih-bersih di lingkungan sekolah, tetapi juga di rumah, gang, sungai, selokan, pasar, hingga jalan raya. Kegiatan ini bertujuan untuk membiasakan diri mencintai dan menjaga kebersihan di sekitar lingkungan masing-masing serta menjadi bagian terdepan dalam penanggulangan sampah di Kabupaten Cianjur." ujar Kak Budhi.

Kak Budhi juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh anggota Pramuka yang telah berpartisipasi aktif dalam Gebyar Kebersihan Pelepah Kitri Kwarcab Cianjur Tahun 2024. "Saya sangat mengapresiasi dedikasi dan semangat  dalam menjaga kebersihan lingkungan. Kegiatan ini bukan hanya simbolis, tetapi merupakan wujud nyata kontribusi kita sebagai Pramuka dalam membangun lingkungan yang lebih bersih dan sehat," tegas Kak Budhi.

Kegiatan ini juga bertepatan dengan Gerakan Kebersihan Nasional yang digagas oleh Kwartir Nasional dan menjadi bagian dari Bulan Bakti Pramuka. Partisipasi aktif dari ribuan anggota Pramuka di Cianjur menunjukkan bahwa mereka siap menjadi garda terdepan dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan di wilayah mereka. [PKC]**


Post a Comment

0 Comments

Sistem Pengarsipan Digital
color