Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Warungkondang Sukses Gelar Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD)


PRAMUKACIANJUR.OR.ID
~ Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Warungkondang dengan sukses menyelenggarakan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) selama tujuh hari, mulai dari tanggal 4 hingga 10 Juli 2024. Kegiatan ini dilaksanakan di SDN Jambudipa 3 dan diikuti oleh 49 peserta, yang terdiri dari para pembina pramuka penggalang sekolah dasar dan menengah, serta kader muda Pramuka di wilayah Kecamatan Warungkondang.

Ketua Kwartir Cabang Cianjur, Kak Budhi Rahayu Toyib, S.Sos., MM-MT., hadir untuk membuka secara langsung kegiatan KMD ini. Dalam sambutannya, beliau menyatakan, "KMD ini tidaklah seperti kursus pada umumnya yang terkesan membosankan. Kursus ini menyenangkan dan dapat memberikan pengetahuan serta keahlian khususnya dalam membina anggota muda."

Materi yang diberikan dalam KMD meliputi sejarah dan kiasan dasar kepramukaan, metode kepramukaan, keterampilan kepramukaan, administrasi dan organisasi Gerakan Pramuka, serta praktek lapangan yang dilaksanakan selama tiga hari tanpa perkemahan dan empat hari dengan perkemahan. Para instruktur yang memberikan materi merupakan Pelatih Pembina Pramuka bersertifikat dari Kwartir Cabang.

Pada akhir kursus, peserta akan membuat Rencana Tindak Lanjut (RTL) serta menjalani evaluasi. Bagi yang lulus, akan menerima Sertifikat KMD yang dikeluarkan oleh Kwartir Cabang Cianjur. Sertifikat ini menjadi syarat untuk dapat membina Pramuka di tingkat Gugus Depan.

Dengan adanya KMD ini, diharapkan akan lahir Pembina-pembina Pramuka yang berkualitas dan mampu mengembangkan kegiatan kepramukaan yang menarik dan bermanfaat bagi anak-anak dan remaja di Kecamatan Warungkondang. [PKC]**

Post a Comment

0 Comments

Sistem Pengarsipan Digital
color